0
Indonesia sebagai negara kepulauan yang rata ditumbuhi oleh pohon kelapa memang sudah terbiasa untuk memanfaatkan pohon serba guna ini. Mulai dari akar , batang , daun , sabut , batok , daging buah , sampai air buah kelapa - semuanya bernilai ekonomis dan berharga. Khusus untuk daging buahnya , ada banyak sekali masakan jajanan Indonesia yang menggunakan kelapa parut sebagai pelengkapnya. Banyak yang suka , namun banyak pula yang menghindarinya alasannya ialah dianggap menjadikan cacing kremi.

Ini tentu anggapan yang salah , alasannya ialah bukan kelapa parutnya yang menjadikan itu , tapi tangan orang yang memarut kelapa itu yang memang tidak bersih dan mengandung telur cacing kremi. Daging kelapa bantu-membantu dapat memperlihatkan banyak sekali manfaat kesehatan bagi insan , dan segala kandungan nutrisi itu tidak berkurang walaupun kelapa diparut. Berikut ini beberapa manfaat kelapa parut bagi kesehatan.

manfaat kelapa parut bagi kesehatan

Khasiat Kelapa Parut Bagi Kesehatan Jantung

Kelapa parut dapat memperlihatkan manfaat dan meningkatkan kesehatan jantung alasannya ialah kandungan minyak di dalamnya. Ini mungkin fakta gres bagi anda , alasannya ialah selama ini semua orang memandang lemak jenuh dalam buah kelapa sebagai sesuatu yang buruk. Namun anggapan salah yang beredar selama ini telah dibantah oleh aneka macam penelitian yang dilakukan di banyak tempat.

Menurut para peneliti di Weston A. Price Fondation , mengkonsumsi daging kelapa atau produk dari daging kelapa dapat menurunkan tingkat kolesterol secara keseluruhan. Kolesterol LDL , lipoprotein , dan trigliserida , ialah semua jejak alami yang dihubungkan dengan resiko tinggi penyakit jantung dan stroke. Selain itu , para peneliti juga menjelaskan bagaimana kandungan polifenol dalam minyak kelapa bertindak membatasi oksidasi dari kolesterol LDL. Ini saja sudah merupakan langkah penting dalam mencegah pengembangan arteriosklerosis.

Kelapa Parut Membantu Membakar Lemak

Kandungan minyak pada kelapa parut diketahui bertanggungjawab (mempunyai manfaat) dalam pembakaran lemak. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Bruce Fife , penulis dari "The Coconut Oil Miracle". Dia menjelaskan bagaimana kandungan asam lemak rantai menengah yang tinggi dalam minyak kelapa dapat sangat bermanfaat dalam pembakaran lemak di tubuh. Dokter tersebut mengatakan bahwa tidak ibarat lemak lainnya , senyawa unik ini berjalan dari usus eksklusif menuju hati untuk oksidasi langsung. Asam lemak rantai menengah juga lebih mudah dibakar daripada lemak lainnya , hal ini menjadikan peningkatan dalam oksidasi lemak dan tingkat metabolisme secara keseluruhan.

Kelapa Parut Sebagai Anti Mikroba

Mereka yang sedang menderita bisul kronis juga dapat mengambil manfaat dari mengkonsumsi kelapa parut. Hal ini alasannya ialah sifat anti-virus , anti-bakteri , dan anti-jamur yang terdapat di dalamnya. Dan lagi-lagi asam lemak rantai medium yang mengambil tugas penting dalam hal ini. Dr. Fife membuktikan bahwa lemak rantai menengah (disebut demikian alasannya ialah panjang dari tulang punggung senyawa karbonnya) dapat berdifusi ke dalam membran organisme patogen sebelum membunuh sel mereka dengan melarutkannya. Asam kaprilat muncul sebagai senjata yang ampuh untuk spesies jamur , sedangkan yang efektif untuk membunuh kuman ialah asam laurat. Dan semua ini mampu didapatkan dengan mengkonsumsi kelapa parut.

Berikutnya baca:

Sebelumnya:
Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan


Posting Komentar

 
Top