0
Sembung (Blumea balsamifera) merupakan nama tanaman semak yang daunnya biasa dijadikan sebagai obat tradisional. Daun sembung memiliki permukaan yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Jika dikonsumsi , dilidah daun ini memiliki sifat rasa pedas dan sedikit pahit , agak hangat , harum. Efek farmakologisnya adalah anti rematik , melancarkan sirkulasi , menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan.

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya adalah Borneol , cineole , limonene , di-methyl ether phloroacetophenone. Daun sembung ini bisa digunakan untuk mengobati rematik , nyeri haid , nyeri sehabis melahirkan , diare , perut kembung dan influenza.

manfaat daun sembung sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit:

1. Mengobati Diare
Ambil 1 genggam daun sembung , kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 1/2 gelas. Minum air rebusan tersebut dengan madu seperlunya , sehari 3 x 1/2 gelas.

2. Mengobati sakit kepala karena peradangan pada rongga sinus
Caranya , ambil lima helai daun sembung , hancurkan dan hangatkan di atas api terbuka , sehelai setiap kalinya. Selagi panas , lekatkan pada dahi untuk rongga tulang depan mata dan tulang pada dahi untuk rongga tulang rahang atas dan rongga tulang tapis. Apabila dingin , ganti dengan daun yang hangat hingga kelima daun tersebut habis digunakan. Lakukan 2 kali sehari.

3. Haid tidak teratur , tidak nafsu makan
Ambil 3/5 genggam daun sembung dicuci Ialu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4-nya. Minum dengan madu , sehari 3 x 3/4 gelas.

4. Mengobati maag
Caranya , ambil lima lembar daun sembung , rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1/2 gelas. Tambahkan sedikit garam , lalu minum sebelum makan pagi atau sarapan.

5. Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung (angina pectolis)
Sediakan 1/2 genggam daun sembung , dicuci bersih Ialu direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Setelah dingin airnya disaring Ialu diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 x 3/4 gelas.

6. Mengobati beri-beri
Caranya , ambil 1/4 genggam daun sembung , 1/4 genggam daun turi , 1/4 genggam daun legundi , dan 3 butir cabe jawa , lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin , lalu saring dan minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

7. Nyeri haid
Sediakan 5 lembar daun sembung dan beberapa biji kedaung , kemudian dipanggang dan dihaluskan. Rebus dua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai sisa 1/2-nya , minum setelah dingin.

Oke , itu dia beberapa manfaat daun sembung untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Jangan lupa baca juga daun-daunan berkhasiat lainnya dalam artikel manfaat daun kemangi dan manfaat daun kelor. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top