0
Informasi mengenai manfaat serta khasiat air rebusan teh daun sirsak mungkin termasuk yang paling banyak dicari oleh orang-orang dalam 2 tahun terakhir ini. Salah satu penyebabnya yaitu alasannya yaitu gencarnya pemberitaan di media-media (cetak , televisi , maupun online) mengenai kegunaan daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker. Hal yang kemudian juga memancing orang-orang yang mempunyai jiwa wirausaha untuk mengeluarkan produk yang berbahan daun sirsak menyerupai kapsul (ekstrak) daun sirsak dan teh daun sirsak.

manfaat dan khasiat teh rebusan daun sirsak

Namun apakah benar manfaat daun sirsak menyerupai yang diberitakan tersebut? Secara ilmiah memang semua klaim yang disampaikan masih perlu untuk dilakukan uji klinis , namun percobaan pada kultur jaringan telah menunjukan kebenaran hampir semua dari klaim tersebut.

Lagipula , secara tradisional para andal pengobatan herbal telah memanfaatkan daun sirsak sebagai media pengobatan semenjak ratusan tahun lalu. juga sudah cukup banyak menunjukkan banyak sekali rujukan mengenai penelitian-penelitian yang pernah dilakukan untuk menguji kandungan akar , kulit batang , daun , bunga , hingga buah sirsak bagi keperluan pengobatan.




Khasiat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Umum

Beberapa kebudayaan di dunia sudah memanfaatkan daun sirsak dalam pengobatan tradisional semenjak ratusan tahun lalu. Yang paling sederhana yaitu dengan cara memanfaatkan air rebusannya (teh). Apa saja khasiat daun sirsak untuk kesehatan?
  • Masalah pencernaan. Masyarakat kepulauan Karibia dan Indian Amazon biasa menggunakan rebusan daun sirsak sebagai obat untuk membersihkan badan dari racun dan benalu berbahaya.
  • Demam. Berbeda dengan masyarakat Haiti , Jamaika , Peru , dan India Barat , mereka percaya jikalau daun sirsak sangat ampuh untuk meredakan demam. Air rebusannya dikatakan dapat mendinginkan suhu badan dan mengobati peradangan selaput lendir.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Tumor Dan Kanker

Buah dan daun sirsak diketahui memiliki kandungan senyawa acetogenin annonaceous yang dikatakan bermanfaat untuk melawan tumor. Keampuhan senyawa ini terutama pada sel-sel tumor yang kebal dengan obatan-obatan kemoterapi modern. Sebuah ujicoba sudah pernah dilakukan pada seorang pasien penderita tumor payudara , dan hasil yang ditunjukkan dikatakan sangat menjanjikan , sehingga penelitian lanjutanpun masih terus dilakukan untuk semakin mempertegas hasil penelitian awal tersebut.

Sedangkan untuk kanker , beberapa penelitian yang melibatkan efek samping buah sirsak juga perlu untuk diperhatikan.

Posting Komentar

 
Top